Sabtu, 11 Juni 2011

Umrah......dengan biaya murah


Sekitar lima hari sebelum tanggal kepulangan ke indonesia...
saya meminta ke atasan yang ada disana buat izin pergi umrah...
Alhamdulillah, saya diizinkan untuk pergi umrah.....
Kemudian, saya kontak temen saya yang bernama Motaz, ntuk mengantarkan ke travel yang terdekat...
Alhamdulillah...semuanya berjalan lancar...perbekalan sudah cukup..dan sekarang tinggal pergi ke lokasi....
ntuk biaya perjalanan dan penginpan serta perlengkapan..saya harus mengeluarkan uang sekita 150 riyal ato sekitar 300 ribuan...jumlah yang sangat murah bila dibandingkan dengan naik pesawat dari dammam ke mekkah, soalnya bila naik pesawat saya harus membayar sekitar 2000 riyal ato 5 jt rupiah...ntuk biaya perjalanan saja...

Saya keluar dari perumahan ntuk nyari taksi...
ternyata agak susah juga buat nyari taksinya...hampir 30 menit saya nunggu ...tapi belum juga dapat taksinya....
setelah 45 menit...saya dapat taksi....

Perjalanan ke tempat travel itu hanya 15 menit saja...
Kemudian, saya pergi ke tempat travel ntuk daftar ulang...
Pas saya lihat2...ternyata sabuk buat nahan baju ihramnya tertulis 'made in Indonesia'...hehehehe
terus saya nanya ama penjaga disana..dan katanya memamng benar ini dari indonesia...
dalam hati saya berkata...boleh juga....hehehe

ada satu jam saya menunggu dan akhirnya tiba juga waktu buat pergi....
Saya langsung diantar oleh penjaga travel ke bis dan langsung duduk di tempat yang telah dipesan...

Yang unik di bis ini...di bagian depan..duduk orang-orang yang berasal dari arab..lalu dari asia..lalu dari pakistan...
Saya hanya diam disana...soalnya ini kan daerah asing..lebih baik buat diam....
Saya mendengar suara pembicaraan di belakang kursi...ternyata kedua orang itu berbicara dengan bahasa indonesia....
setelah mereka selesai berbicara..langsung saja..saya menyapanya...dan kemudian kenalan....

Setiap tiba waktu shalat..bis ini selalu berhenti di tempat pemberhentian...tujuan nya buat shalat...
Dijalan...semuanya hanya tampak gurun...dan gurun...kadang sesekali terlihat ada bukit pasir.....
memang sebagian besar daratan di saudi ini, terdiri dari padang pasir.....

perjalanan ntuk menempuh ke Mekkah..sekitar 12 jam.....
Lama...dan membosankan...tetapi demi melihat Ka'bah...semuanya tidak terasa....

Di tempat pemberhentian...saya dan kedua temen saya ( Nur dan Idin) selalu makan bersama....
Pernah saya pesen ayam dan nasi....trus yang datang ke saya adalah ayam dengan ukuran jumbo dan nasi dengan porsi tiga orang.....padahal saya dan kedua temen saya itu..masing-masing pesen satu menu makanan....jadinya makanan itu bersisa banyak...

Setelah hampir 12 jam dalam perjalanan..akhirnya kami sampai di mekkah....
kami hanya punya waktu 12 jam ntuk berada disana....saya nyampe di mekkah pada jam 10 pagi dan nanti jam setengah sembilan malam akan berangkat lagi ke madinah....

Setelah keluar dari bis, saya langsung pergi ke tempat penginapan terdekat..setelah menyimpan barang bawaan, saya langsung pergi ke masjidil Haram....
Kami langsung pergi ke dalam masjid dan melanjutkan dengan tawaf..setelah itu kami shalat sunnat lalu kami melanjutkan dengan sa'i.....

Pertama kali melihat ka'bah....saya merasakan kesan yang begitu mendalam.....
Dalam hati saya berkata..inilah..ka'bah..kiblat ntuk shalat...saya merasa takjub dan tidak lupa mengucapkan syukur kepada Allah,,karena saya telah diberikan kesempatan ntuk datang ke rumah Nya....

Setelah sa'i..saya melakukan tahalul ntuk mencukur sebagian rambut....lalu bergegas keluar dari masjid ntuk pergi makan dan rencananya setelah beristirahat, kami akan segera kembali ke masjid...

Kami memilih ntuk makan nasi dan ayam.....dan teman saya pergi ntuk memesan menu yang kami pilih dengan bahasa arab...
setelah itu kami makan dan pergi ke tempat penginapan

setelah beristirahat sejenak dan mandi..saya pergi ke tempat penginapan teman..lalu pergi lagi ke masjidiil haram buat shalat berjamaah...
rasanya akan kurang berarti..klo ke mekkah..tp tidak memaksimalkan waktu yang ada buat beribadah...soalnya pahala yang Allah berikan di mekkah...memiliki ganjaran yang berlipat bila dibandingkan dengan beribadah di masjid dekat rumah (tentunya yang di indonesia)
Saya kedua teman saya, mengisi waktu di masjid dengan melakukan shalat sunnat dan membaca al-qur'an...

Gambaran masjidil haram....
Masjid ini sangat luas...ketika saya baru mau masu ke halaman luar..banyak burung sejenis merpati yang sedang mencari makanan...lalu saya masuk ke halaman dalam...dan disana sangat bersih...terus saya mulai masuk ke bagian dalam masjid..disana terdiri dari beberapa lantai....dan Ka'bah berada dilantai paling dasar...
Disamping masjid adalah tempat untuk melakukan sa'i....
jalannya seperti tempat bermain skate board..alias melengkung....
Ada dua jalur untuk melakukan sa'ai...ada jalur biasa dan ada pula jalur ntuk jama'ah yang memakai kursi roda
Ditengah-tengah ada tempat untuk meminum air zam-zam

Waktu telah hampir sore..sekitar jam 5 sore...kedua teman mengajak buat beli oleh2...
lalu kami pergi ke pasar di dekat masjid...teman2 membeli beberapa oleh2 dan saya pun membeli beberapa oleh2 tp tidak terlalu banyak..soalnya bekal uang pas-pasan...

Pas tiba di satu toko, saya bertanya harga barang kepada si penjual dengan bahasa inggris...tapi si penjual itu tetep tidak mengerti maksud saya..akhirnya temen saya bilang pada si penjual dengan bahasa indonesia..dan si penjual pun mengerti...wah2..ternyata bahasa indonesia sudah mengglobal..hehehe

Setelah selesai berbelanja, kami pergi ke penginapan buat menyimpan barang belanjaan, dan seperti biasa kami langsung pergi ke masjid lagi...
Sayang sungguh disayang...saya enggak mengerti dengan bahasa arab...padahal pas ba'da maghrib ada kajian tentang islam disana....

Selesai shalat isya saya bergegas keluar dari masjid dan pergi meenuju ke penginapan ntuk beres-beres barang soalnya jam 8.30 harus segera naik bis....

Selang beberapa jam...kami tiba di medinah...lalu pagi harinya..kamu pergi mencari makan..ternyata kami menemukan sebuah tempat makan makanan indonesia dan yang menjualnya pun orang indonesia...
ternyata orang indonesia yang hidup di madinah cukup banyak...

Setelah itu, kami segera pegi menuju masjid Nabawi..
Kami segera berwudhu begitu sampai masjid dan meminum air zam-zam..ternyata..air zam-zam tidak hanya berada di mekkah saja...
Kemudian saya juga berkenalan dengan salah seorang penjaga masjid yang ternyata orang indonesia juga...

Di masjid nabawi, yang mendapat kesempatan buat shalat di tempat nabi biasa shalat di masjid nabawi...lalu saya bisa melihat tempat makam Rasulullah SAW, Abu Bakar dan Umar bin Khatab....
Karena banyak orang yang mau shalat tidak tersebut...saya dan kedua teman pun segera bergegas keluar dan pergi ke bagian lainnya di masjid nabawi...
Lalu saya dan teman pun segera membaca al-qur'an.....

tak terasa waktu hampir jam 2 siang...lalu kami pun segera kembali ke penginapan dan kembali ke bis...
Lalu bis pun melaju dengan kecepatan cukup tinggi menuju kota damam......

Tidak ada komentar: